Mempercepat Loading Website WordPress

Sebagai website platform, WordPress dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan para pemilik website serta cepat saat di-load atau dimuat. Namun, banyak orang yang merusak performa website mereka dengan menggunakan plugin yang jelek, theme yang buruk, meggunakan hosting yang apa adanya dan menambahkan hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Meskipun telah menghindari hal-hal diatas, namun website kita masih lambat karena masih ada faktor lain yang mempengaruhi.

Sebelum membahasa lebih lanjut teknik yang digunakan untuk mengoptimasi dan mempercepat loading website wordpress, mari kita bahas seberapa pentingkah optimasi untuk kecepatan sebuah website.

Mengapa Kecepatan Itu Penting?

Menurut para peneliti, rata-rata attention-span (rentang perhatian) mengalami penurunan dari 12 detik menjadi 8 detik. Kemudian apa hubungan penelitian ini dengan website?

sebuah website hanya memiliki waktu 8 detik bahkan kurang untuk menarik perhatian pengunjung agar tetap bertahan pada sebuah website atau pergi menginggalkan website tersebut.

Apabila sebuah website memiliki kecepatan yang lambat saat dimuat (loading), kemungkinan besar pengunjung akan meninggalkan website sebelum website tersebut benar – benar selesai dimuat.

Menurut para peneliti, apabila waktu loading sebuah website membutuhkan waktu 3 detik bahkan lebih, maka website tersebut memiliki kemungkinan untuk kehilangan setengah pengunjung website potensial. Selain itu, menurut Skilled 1 detik delay loading website akan mengurangi conversion rate sebesar 7%, sangat berbahaya untuk sebuah website e-commerce.

Kecepatan website merupakan salah satu faktor SEO yang harus dioptimasi. Secara keseluruhan, apabila sebuah website ingin menaikan jumlah traffic, subscriber, atau keutungan, maka kecepatan pada website harus di optimasi.

Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan?

Mempercepat Loading Website WordPress Pagespeed Insight

Kebanyakan orang yang merasa website mereka tidak bermasalah hanya karena mereka telah memastikan website tidak lambat ketika dibuka menggunakan perangakat miliknya. Hal tersebut tidak dapat dijadikan tolok ukur.

Saat mengunjungi website, browser seperti Chrome akan menyimpan data sebuah website kedalam bentuk cache dan Chrome akan secara otomatis mengambil data tersebut pada folder cache serta memastikan website langsung tampil ketika menekan tombol enter.

Namun hal demikian tidak terjadi pada pengunjung ynag baru pertama kali membuka website. Sebenarnya, pengunjung yang datang dari tempat yang berbeda juga memiliki pengalaman berbeda pula.

Berikut beberapa daftar situs untuk melakukan pengecekan kecepatan website:

  1. pagespeed insights
  2. websiteoptimization.com
  3. searchmetrics.com
  4. pingdom.com
  5. gtmetrix.com

Bagaimana Cara Mengoptimasi Website?

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengoptimasi dan mempercepat sebuah website:

1. Pemilih Hosting yang Berkualitas

Sangat mustahil jika ingin memiliki website dengan kecepatan yang optimal namun menggunakan hosting buruk. Pastikan sudah menggunakan SSD pada media penyimpanannya, sesuaikan jumlah ram dengan pengunjung karena semakin banyak pengunjung akan semakin banyak menggunakan ram juga. Hosting yang baik adalah hosting yang mendukung cache pada level server sehingga saat website di-request oleh browser, webserver tidak sibuk untuk menyiapkan file yang di-request.

2. Mengoptimasi Tema Website

Kebanyakan, orang lebih memilih tema website berdasarkan tampilan visualnya. Padahal ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Tampilan tema yang buruk terkadang berpengaruh juga pada performa dan terlebih lagi jika menggunakan scripting yang serampangan. Pastikan memilih dengan mempertimbangkan kecepatan. Terlalu banyak fitur dan pilihan dapat membuat webserver dan browser bekerja lebih berat, walaupun tidak selalu banyak fitur berarti buruk. Pastikan fitur yang tersedia memang penting untuk digunakan pada website. Responsive adalah sebuah fitur yang wajib ada pada sebuah website karena sebuah web yang responsif lebih disukai Google dan secara tidak langsung SEO pada website juga akan teroptimasi.

3. Optimasi Gambar

Setiap melakukan posting artikel, pasti akan menambahkan sebuah gambar agar artikel lebih menarik untuk dibaca. Gambar yang diunggah pun harus berukuran kecil dan berkualitas baik sehingga tidak membuat website menjadi lambat.

Berikut beberapa cara optimasi gambar :

  1. Memilih format file yang tepat, gunakan JPG atau format terbaru WebP
  2. Kurangi size gambar dengan menggunakan plugin kompres gambar

Lakukan Caching Pada Website

Image result for Caching website optimization

Seperti yang disebutkan pada poin no 1, caching merupakan metode yang sangat efektif untuk mengoptimasi kecepatan website, terlebih pada website yang memiliki tingkat kunjugan yang sangat tinggi. Setiap halaman dimuat, informasi baru akan diambil dari dalam database dan file-file website. Lalu, informasi tersebut akan digabungkan dimuat pada browser pengunjung, hal tersebut pasti memerlukan waktu.

Caching mampu menyimpan potongan file HTML berukuran kecil pada komputer pengunjung dengan tujuan ketika pengunjung tersebut berkunjung, webserver tidak harus menyiapkan semua informasi untuk dikirim ke browser pengunjung, hal ini tentunya akan sangat mengurangi waktu dan beban webserver.

Maintenance WordPress

Dengan melakukan perawatan rutin pada website, maka website akan tetap berada dalam kondisi terbaiknya. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat website:

  1. Selalu perbaharui versi wordpress, tema, dan plugin.
  2. Gunakan versi terbaru PHP.
  3. Lakukan optimasi database.
  4. Hapus komentar-komentar spam.

Nah, demikian pembahasan pada kali ini, semoga dapat membantu.